Rapat Program Studi Otomotif SMKN 1 Guguk Membahas Peningkatan PBM

Guguk, 11 September 2023 – Workshop Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Guguk menjadi saksi dari sebuah pertemuan penting pada hari ini. Rapat Program Studi Otomotif digelar dengan tujuan meningkatkan proses belajar mengajar yang lebih kondusif bagi siswa-siswi SMKN 1 Guguk umumnya Program Studi Teknik Otomotif khususnya. Acara ini dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Otomotif, Bapak Iftita Rahman Yova, S.Pd, Gr, yang turut didampingi oleh Wakil Kurikulum, Bapak Bitarsa, M.Pd, serta Wakil Kesiswaan, Ibu Sofiarni, M.Pd.

Rapat yang berlangsung di ruang guru Workshop Otomotif SMK Neg. 1 Guguk tersebut juga dihadiri oleh sejumlah guru-guru produktif dan para wali kelas dari Program Studi Otomotif. Tujuan utama pertemuan ini adalah membahas sejumlah inisiatif dan langkah-langkah konkret yang dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di jurusan otomotif, yang merupakan salah satu program unggulan SMKN 1 Guguk.

Salah satu poin yang menjadi perhatian utama dalam rapat adalah mengenai pelaksanaan apel pagi sebelum proses belajar mengajar dimulai. Apel pagi dianggap sebagai momen penting untuk memulai hari dengan semangat dan disiplin. Selain itu juga dalam membentuk karakter serta attitude siswa. Dalam pertemuan tersebut, para peserta rapat membahas strategi untuk memastikan bahwa apel pagi berjalan dengan lancar dan efisien.

Ketua Program Studi Otomotif, Bapak Iftita Rahman Yova, S.Pd, Gr, menyatakan, “Kita ingin menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif di Program Studi Otomotif. Rapat ini adalah langkah awal dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di bidang otomotif di SMKN 1 Guguk. Kita juga ingin memastikan bahwa apel pagi menjadi rutinitas yang bermanfaat bagi semua siswa.”

Rapat ini diharapkan akan menghasilkan rencana tindak lanjut yang konkret untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi Otomotif. Dengan kolaborasi antara para guru, staf pendidikan, dan wali kelas, SMKN 1 Guguk berharap dapat memberikan pengalaman pendidikan yang lebih baik dan mempersiapkan siswa untuk meraih kesuksesan di dunia otomotif yang kompetitif.

Pada akhir rapat, Kepala Program Bpk. Iftita Rahman Yova menyimpulkan hasil rapat yang telah ditulis notulen Rapat Bpk. M. Hendrick Kurniawan yaitu : 

1. Agar siswa tidak berkeliaran selama proses PBM maka guru harus bisa menciptakan ruang belajar yang kreatif dan inovatif.

2. Jika guru berhalangan hadir maka wajib mengkonfirmasi ketidakhadiran, meninggalkan tugas bagi siswa dan mencarikan guru pengganti. 

3. Ruang kelas untuk masing-masing pelajaran sudah ditentukan sesuai catatan pada absensi siswa. Jadi tidak ada lagi siswa yg tidak dapat lokal ketika PBM. 

4. Prakerin untuk tahap 2 kelas XII TKR, TAB, TSM akan dilaksanakan periode 15 oktober 2023 s.d 15 januari 2024

5. Kepada kepala bengkel agar dapat menyusun daftar tempat penempatan siswa dalam minggu ini. 

6. Kegiatan apel pagi diharapkan kedatangan semua guru yg sudah ditugaskan sesuai jadwal. 

7. Kepada teknisi TKR dan TSM agar datang sebelum apel pagi dimulai. 

8. Kepada teknisi TKR dan TSM agar berada di workshop masing-masing ketika PBM. 

9. Kepada seluruh guru kejuruan otomotif agar menghadiri kegiatan upacara bendera, muhadharah dan rapat. Karena guru otomotif tidak pernah menghadiri upacara, muhadharah dan rapat. 

10. Sholat dzuhur berjamaah untuk TKR dan TSM akan dilaksanakan diworkshop TKR. Peralatan akan disediakan pihak sarpras. 

11. Kepada guru kejuruan agar menjaga kebersihan dan kerapian ruang guru. Pastikan meninggalkan meja dan ruangan dalam keadaan bersih. Tanpa sampah. 

12. Setelah selesai PBM koordinir siswa membersihkan kembali ruang belajar. Termasuk ruangan teori 18A (aidiqichan)

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. sofiarni berkata:

    Brafo untuk ketua jurusan otomotif dan seluruh civitasnya. Mudah mudahan otomotif semakin melahir anak didik yang handal, dan berkarakter .
    serta semoga seluruh jurusan memiliki komitmen yang sama dlm melahirkan anak didik yang lebih kompeten dan sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *