SMK Negeri 1 Guguk menggelar acara sosialisasi Learning Management System (LMS)

Guguk, 13 September 2023 – SMK Negeri 1 Guguk menggelar acara sosialisasi Learning Management System (LMS) yang sampaikan oleh Bapak Alfred Anwar, M.Pd., seorang guru yang telah berdedikasi dalam pengembangan teknologi informasi di sekolah tersebut. Acara ini menyoroti penggunaan Google Form untuk ulangan siswa berbasis smartphone, sehingga dapat menciptakan proses ulangan yang lebih efisien dan terjangkau dan paling utama adalah paperless.

Kepala Sekolah SMK Neg. 1 Guguak Bapak Antoni, M.Pd.T, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya teknologi dalam dunia pendidikan modern. Beliau menyebutkan, “Pendidikan harus terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Sistem Manajemen Pembelajaran atau yang lebih dikenal dengan LMS-Learning Management System adalah salah satu alat penting yang memungkinkan kita memberikan pendidikan yang lebih baik dan lebih interaktif kepada siswa. 

Dalam acara tersebut, sebelum memberikan materi Bapak Alfred, memberikan pemahaman yang mendalam tentang manfaat LMS dalam menghadapi era digitalisasi pendidikan. Dalam paparannya, beliau mengatakan, “Pendidikan telah berubah secara signifikan dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, SMK Negeri 1 Guguk harus berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi pendidikan secara optimal. Kita tidak akan bisa melarang siswa dalam penggunaan smartphone, karena memang sekarang ini zamannya seperti itu. Tugas kita bagaimana caranya, kita bisa mengarahkan mereka supaya tidak salah dalam menyikapi teknologi tersebut.”

Pemakaian Google Form untuk ulangan siswa menjadi salah satu sorotan utama dalam sosialisasi ini. Bpk. Alfred menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan Google Form, guru dapat dengan mudah membuat dan mendistribusikan soal ulangan kepada siswa. Ini memungkinkan siswa untuk mengakses ulangan melalui perangkat smartphone mereka. 

Selain itu, Bpk Alfred juga membagikan panduan praktis yang ditulis di web sekolah smkn1guguk.sch.id tentang cara membuat kuis menggunakan Google Form, menunjukkan langkah-langkah sederhana yang dapat diikuti oleh para guru di SMK Negeri 1 Guguk. Beliau berharap agar penggunaan Google Form ini dapat meningkatkan interaksi antara guru dan siswa dalam pengukuran pemahaman materi pembelajaran.

Sosialisasi LMS ini juga melibatkan diskusi interaktif, di mana guru-guru SMK Negeri 1 Guguk dapat bertanya tentang materi yang belum dipahami dan berbagi pengalaman terkait penggunaan google form sebagai ulangan atau survey. Hal ini memungkinkan para guru untuk saling belajar dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

Kepala SMK Negeri 1 Guguk, mengapresiasi inisiatif Bapak Alfred Anwar dalam mengenalkan teknologi pendidikan kepada staf dan siswa. Beliau menyatakan, “Kami berterima kasih kepada Bapak Alfred Anwar atas dedikasinya dalam mengembangkan kemampuan teknologi di sekolah kami. Kami yakin bahwa langkah-langkah ini akan memberikan manfaat besar dalam mempersiapkan siswa kami untuk masa depan yang semakin digital.”

Sosialisasi LMS dan penggunaan Google Form untuk ulangan siswa di SMK Negeri 1 Guguk menandai langkah positif dalam mendorong penggunaan teknologi pendidikan yang lebih efektif dan inklusif. Semoga inisiatif ini dapat menjadi contoh baik untuk sekolah-sekolah lain dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. (aidiqichan)

Mungkin Anda juga menyukai

6 Respon

  1. Mega berkata:

    Semakin mantap dan didepan….

  2. Airizal berkata:

    Aplikasi Dapat mempermudah kerja, penghematan biaya, mempersingkat waktu tak batas ruang dan waktu..

  3. Indah berkata:

    Keren dan jaya terus

  4. Yulnita efia berkata:

    Smkn 1 Jaya…jaya….jaya selalu 👏

  5. Marlina berkata:

    SMK BISA.. SMK JAYA…
    Kami telah berbuat sebelum orang lain memikirkan..!

  6. Afriandianto berkata:

    Jaya la selalu…. aamin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *