Hari Kedua IHT di SMKN 1 Guguk: Orientasi SMK PK dan Pengenalan Platform Merdeka Mengajar

Guguak, 31 Oktober 2023 – IHT (In House Training) di SMKN 1 Guguk berlanjut pada hari kedua dengan materi yang sangat penting, yaitu Orientasi SMK PK (Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan) dan Pengenalan Platform Pembelajaran “Merdeka Mengajar”. Materi ini disampaikan oleh Antoni, M.Pd.T, dengan moderasi oleh Gustian Budiarto, M.Pd.

Hari kedua IHT menjadi momen yang sangat penting bagi para guru di SMKN 1 Guguk. Dalam sesi orientasi SMK PK, para peserta diajak untuk memahami peran dan tujuan sekolah sebagai SMK PK. Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan memiliki tanggung jawab besar dalam meningkatkan mutu pendidikan, sehingga guru-guru diharapkan dapat lebih memahami komitmen yang diperlukan dalam mencapai standar keunggulan pendidikan.

Selain itu, sesi pengenalan Platform “Merdeka Mengajar” memberikan wawasan tentang teknologi pendidikan yang saat ini sangat relevan. Dengan platform ini, guru-guru di SMKN 1 Guguk akan memiliki akses kepada sumber belajar yang beragam, serta alat dan sumber daya untuk mendukung proses pengajaran mereka. Penggunaan teknologi dalam pendidikan adalah salah satu langkah inovatif yang membantu guru dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi siswa.

Antoni, M.Pd.T, yang menjadi pemateri, menggarisbawahi pentingnya penerapan teknologi dalam pendidikan. “Teknologi bukan hanya alat tambahan, tetapi juga menjadi sarana yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan Platform ‘Merdeka Mengajar’, guru dapat mengakses berbagai materi pembelajaran, memantau kemajuan siswa, dan memberikan umpan balik secara lebih efisien,” ujar Antoni.

Gustian Budiarto, M.Pd, yang bertindak sebagai moderator, membuka sesi tanya jawab yang memungkinkan peserta untuk berinteraksi langsung dan mengajukan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan. Diskusi yang berlangsung sangat dinamis dan membantu peserta dalam memahami konsep-konsep yang dibahas.

Pada akhir materi, setiap peserta diberikan penugasan dengan menggunakan platform Google Classroom. Penugasan ini bertujuan melihat sejauh mana kemampuan daya serap materi yang telah diimplementasikan kepada peserta. 

Hari kedua IHT di SMKN 1 Guguk ini memberikan pondasi yang kuat bagi guru-guru untuk melanjutkan perjalanan mereka dalam meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam mengajar serta memanfaatkan teknologi pendidikan. Dengan semangat belajar yang tinggi, para peserta siap untuk menghadapi tantangan masa depan dalam dunia pendidikan yang terus berkembang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *