- Silahkan bapak/ibu buka browser seperti Google Chrome, Edge atau Mozilla atau lainnya. Silahkan login menggunakan akun googlenya. (Sangat disarankan menggunakan akunbelajar.id)
- Klik titik sembilan yang ada sebelah kanan browser (sebelah photo akun bapak/ibu) kemudian pilih Google Class Room.
- Klik tanda tambah ( + ) yang ada di sebelah kanan browser. Pilih Buat Kelas
- Pada kotak dialog diisikan sesuai dengan mata pelajaran yang bapak ibu ajarkan. Akan tetapi yang akan tampil pada halaman siswa hanya Nama Kelas dan Bagian. Dan tampilan yang lebih besar adalah Nama kelas. Sebaiknya kita mengisikan Nama Kelas dengan Mata Pelajaran dan Bagian diisikan dengan kelas yang bapak ibu ajarkan.
- Ada dua opsi untuk membuat kelas disini : (tergantung kesepakatan kita)
- Setiap rombel harus berada dalam satu kelas. Misalnya Kelas X Oto 1, X Oto 2, X Oto 3 dan lain sebagainya. Tetapi saat tampilan dalam web google kelas room kita bisa jadi banyak, sebanyak kelas yang kita ajarkan.
- Setiap kelas bis kita buat satu Google Class Room saja, sehingga di halaman Google kita hanya terdapat 3 kelas jika kita mengajar kelas X, XI dan XII.
- Karena tampilan pada siswa yang lebih jelas adalah nama Kelas, kita sepakati saja bahwa :
Nama kelas itu di isi dengan nama Mata Pelajaran.
Bagian diisikan dengan Kelas bapak ibu. Mata Pelajaran
Mata Pelajaran (opsional) boleh diisi boleh tidak karena tidak akan tampil di halaman Class Room Siswa
Ruang diisikan dengan Nama Bapak Ibu. Seperti gambar dibawah ini :
Setelah itu klik Simpan
- Bapak/Ibu dibawa ke halaman google class roomnya.
- Kembali ke halaman awal, lakukan langkah no 3 – 6 untuk membuat kelas yang lain. Buatlah sebanyak kelas yang bapak/ibu ajar.
- Setelah semua kelas di buat, sekarang bapak ibu masuk ke salah satu kelas.
- Pada bagian sebelah kiri ada tertulis kode kelas. Kode itulah yang akan bapak ibu berikan kepada siswa dikelasnya. Berbeda kelas, akan berbeda kodenya. Memang disini disarankan siswapun menggunakan akun belajar.id nya. Sebab kalau akun belajar.id Namanya adalah nama asli di dapodik. Sedangkan kalau akun mereka masing-masing, akan berbeda-beda nama siswa tersebut.
Kode kelas tersebut bisa bapak ibu reset, mungkin untuk menghindari siswa dari sekolah lain untuk masuk ke kelas kita. Jadi direset setelah dipastikan semua siswanya sudah masuk ke kelas Classroom nya.
- Pada halaman awal terdapat 4 menu utama, yaitu :
Forum : tempat siswa dan guru berdiskusi
Tugas Kelas : tempat dimana guru bisa membuat materi, penugasan, kuis
Orang : tempat melihat siswa dan guru yang ada dalam kelas tersebut
Nilai : tempat dimana guru bisa melihat nilai siswa
FORUM
Disini tempat diskusi siswa dengan guru mengenai mata Pelajaran yang sedang diampu. Fitur ini bisa di aktifkan dan bisa pula di non aktifkan untuk siswa. Apabila guru memberikan pengumuman, sebaiknya diskusinya dinonaktifkan. Tetapi kalau guru ingin menanyakan pendapat siswa pada materi tertentu, diskusinya diaktifkan. Caranya adalah sebagai berikut :
Klik setelan Forum akan tampil kotak dialog seperti dibawah ini :
Ada tiga pilihan yaitu :
- Siswa dapat memposting dan memberikan komentar
- Siswa hanya bisa memberikan komentar
- Hanya pengajar yang dapat memposting
TUGAS KELAS
Pada tugas kelas ini, bapak ibu guru akan mengisikan materi, penugasan, kuis dan lain sebagainya.
- Klik + Buat dan pilih Topik
- Isikan topik tersebut dengan Minggu ke 15 (30 Okt – 5 Nov 23)
- Buat topik satu lagi dengan nama Minggu ke 16 (5 – 12 Nov 23)
- Untuk sementara kita berikan 2 kali pertemuan saja.
MATERI
- Klik + Buat dan pilih Materi
- Pada Judul isikan Nama materi bapak ibu yang akan diajarkan minggu ke 15
- Untuk deskripsi itu opsional. Isikan saja tujuan dari materi minggu ke 15 tersebut.
- Pada lampiran kita memasukkan materi yang akan di pelajari oleh siswa. Materi ini bisa dibuat dengan beberapa cara :
- Drive : mengambil materi dari drive kita. Drive belaja.id diberi kapasitas 100Gb untuk menyimpan data.
- Youtube : mengambil materi dari video youtube
- Buat : bisa membuat materi sendiri. Disediakan beberapa platform yaitu Google Doc, Spreadsheet, Slide, Draw dan google Form
- Upload : mengambil materi dari laptop atau computer kita
- Link : mengambil materi dari web yang kita jadikan referensi siswa
Setelah semua materi dibuat, disebelah kanan browser ada 3 menu lagi.
- UNTUK
Disini kita bisa membagikan materi yang sedang kita buat kepada kelas lain. Sehingga dikelas tersebut kita tidak perlu lagi membuat materi ulang.
- TOPIK
Pada topik, pilih diminggu berapa kita masukkan materi ini. Dalam hal ini kita masukan pada minggu 15.
- POSTING
Ada 3 menu posting yaitu
Posting : Hasil yang kita buat akan langsung tampil ke siswa
Jadwalkan : Hasil yang dibuat akan tempil sesuai dengan jadwal yang akan kita tentukan
Simpan Draf : Menyimpan sebagai draft, karena suatu saat akan kita edit atau revisi lagi sebelum di berikan pada siswa.
Dalam hal ini kita pilih jadwalkan dan diisikan tanggal 30 Oktober 2023.
- Lakukan hal yang sama untuk memberikan materi minggu ke 16 dan postingannya dijadwalkan mulai tanggal 6 November 2023
PENUGASAN
- Dalam penugasan ini kita bisa memberikan tugas pada siswa seperti ringkasan yang ditulis pada kertas, lalu di photo-kan atau diberi link google doc sehingga siswa bisa mengetik di sendiri.
- Caranya adalah klik + Baru pilih Tugas
- Isikan Judul Tugas, Petunjuk (opsional). Pada lampiran Klik + Buat dan pilih Dokumen. Akan terbuka halaman baru Google Doc.
Buatlah pertanyaan dan sisakan untuk jawaban siswa, sehingga siswa bisa mengisi di tempat yang telah ditentukan. Jangan lupa buat Identitas siswa. Karena kalau siswa menggunakan akun gmail, namanya terkadang bukan nama sebenarnya yanag dibuat.
- Setelah selesai, google Doc nya bisa di tutup. Kembali kehalaman Tugas di Google Class Room.
- Pada lampiran tambahan sebuah dokumen tanpa judul (gpp!). Kalau ingin melihat perubahan silakan di refresh web browser nya. Tetapi harus masuk ulang lagi.
- Di samping dokumen tanpa judul di atas, ada menu drop down siswa dapat melihat file. Ada dua pilihan yaitu :
- Siswa dapat mengedit file : file tersebut dikerjakan bersama-sama oleh semua siswa
- Buat salinan untuk setiap siswa : setiap siswa punya file masing-masing untuk mengirim tugas
- Pilih yang ke dua yaitu Buat salinan untuk setiap siswa.
- Bagian kanan browser sama dengan pengisian materi yaitu bisa di jadwalkan, untuk kelas mana saja yang akan di berikan. Tetapi pada penugasan ini ada tambahannya yaitu Point dan tenggat (batas waktu akhir pengumpulan). Bisa ditutup batas akhir pengumpulan dengan memberi tanda centang pada Tutup pengumpulan tugas setelah batas waktu.
ULANGAN
- Untuk ulangan klik + Buat pilih Tugas Kuis
- Lengkapi data yang dibutuhkan seperti judul, Petunjuk. Disana ada google form, yang bisa diisi dengan soal-soal yang akan bapak ibu buat untuk ulangan. Namun kita juga bisa membuat atau mengambil soal dari google form yang sudah pernah kita buat, dengan cara mengklik lampiran, kemudian cari di google drive. Kita juga bisa membuat soal yang berbentuk word, excel, powerpoint atau yang lainnya, hanya saja nilai harus diisi secara manual.
Jangan lupa pada bagian kanan seperti point, untuk, tenggat dan lain-lainnya sesuaikan kebutuhan.
PENUGASAN JAWAB LANGSUNG (DISKUSI)
- Untuk membuat soal langsung seperti forum diskusi bisa dibuat di google class room. Bedanya dengan diskusi yang dilaksanakan di Forum adalah, pada penugasan ini ada disediakan penilaian untuk siswa oleh guru. Cara membuatnya adalah :
- Klik + Buat pilih Pertanyaan
- Tulis pertanyaan atau soal yang akan ditanyakan pada siswa pada petunjuk. Isikan lampiran kalau dibutuhkan. Pastikan bagian sebelah kanan sudah diisikan dengan benar.
TUTORIAL MENGGUNAKAN GOOGLE CLASS ROOM BAGI GURU
- Silahkan bapak/ibu buka browser seperti Google Chrome, Edge atau Mozilla atau lainnya. Silahkan login menggunakan akun googlenya. (Sangat disarankan menggunakan akunbelajar.id)
- Klik titik sembilan yang ada sebelah kanan browser (sebelah photo akun bapak/ibu) kemudian pilih Google Class Room.
- Klik tanda tambah ( + ) yang ada di sebelah kanan browser. Pilih Buat Kelas
- Pada kotak dialog diisikan sesuai dengan mata pelajaran yang bapak ibu ajarkan. Akan tetapi yang akan tampil pada halaman siswa hanya Nama Kelas dan Bagian. Dan tampilan yang lebih besar adalah Nama kelas. Sebaiknya kita mengisikan Nama Kelas dengan Mata Pelajaran dan Bagian diisikan dengan kelas yang bapak ibu ajarkan.
- Ada dua opsi untuk membuat kelas disini : (tergantung kesepakatan kita)
- Setiap rombel harus berada dalam satu kelas. Misalnya Kelas X Oto 1, X Oto 2, X Oto 3 dan lain sebagainya. Tetapi saat tampilan dalam web google kelas room kita bisa jadi banyak, sebanyak kelas yang kita ajarkan.
- Setiap kelas bis kita buat satu Google Class Room saja, sehingga di halaman Google kita hanya terdapat 3 kelas jika kita mengajar kelas X, XI dan XII.
- Karena tampilan pada siswa yang lebih jelas adalah nama Kelas, kita sepakati saja bahwa :
Nama kelas itu di isi dengan nama Mata Pelajaran.
Bagian diisikan dengan Kelas bapak ibu. Mata Pelajaran
Mata Pelajaran (opsional) boleh diisi boleh tidak karena tidak akan tampil di halaman Class Room Siswa
Ruang diisikan dengan Nama Bapak Ibu. Seperti gambar dibawah ini :
Setelah itu klik Simpan
- Bapak/Ibu dibawa ke halaman google class roomnya.
- Kembali ke halaman awal, lakukan langkah no 3 – 6 untuk membuat kelas yang lain. Buatlah sebanyak kelas yang bapak/ibu ajar.
- Setelah semua kelas di buat, sekarang bapak ibu masuk ke salah satu kelas.
- Pada bagian sebelah kiri ada tertulis kode kelas. Kode itulah yang akan bapak ibu berikan kepada siswa dikelasnya. Berbeda kelas, akan berbeda kodenya. Memang disini disarankan siswapun menggunakan akun belajar.id nya. Sebab kalau akun belajar.id Namanya adalah nama asli di dapodik. Sedangkan kalau akun mereka masing-masing, akan berbeda-beda nama siswa tersebut.
Kode kelas tersebut bisa bapak ibu reset, mungkin untuk menghindari siswa dari sekolah lain untuk masuk ke kelas kita. Jadi direset setelah dipastikan semua siswanya sudah masuk ke kelas Classroom nya.
- Pada halaman awal terdapat 4 menu utama, yaitu :
Forum : tempat siswa dan guru berdiskusi
Tugas Kelas : tempat dimana guru bisa membuat materi, penugasan, kuis
Orang : tempat melihat siswa dan guru yang ada dalam kelas tersebut
Nilai : tempat dimana guru bisa melihat nilai siswa
FORUM
Disini tempat diskusi siswa dengan guru mengenai mata Pelajaran yang sedang diampu. Fitur ini bisa di aktifkan dan bisa pula di non aktifkan untuk siswa. Apabila guru memberikan pengumuman, sebaiknya diskusinya dinonaktifkan. Tetapi kalau guru ingin menanyakan pendapat siswa pada materi tertentu, diskusinya diaktifkan. Caranya adalah sebagai berikut :
Klik setelan Forum akan tampil kotak dialog seperti dibawah ini :
Ada tiga pilihan yaitu :
- Siswa dapat memposting dan memberikan komentar
- Siswa hanya bisa memberikan komentar
- Hanya pengajar yang dapat memposting
TUGAS KELAS
Pada tugas kelas ini, bapak ibu guru akan mengisikan materi, penugasan, kuis dan lain sebagainya.
- Klik + Buat dan pilih Topik
- Isikan topik tersebut dengan Minggu ke 15 (30 Okt – 5 Nov 23)
- Buat topik satu lagi dengan nama Minggu ke 16 (5 – 12 Nov 23)
- Untuk sementara kita berikan 2 kali pertemuan saja.
MATERI
- Klik + Buat dan pilih Materi
- Pada Judul isikan Nama materi bapak ibu yang akan diajarkan minggu ke 15
- Untuk deskripsi itu opsional. Isikan saja tujuan dari materi minggu ke 15 tersebut.
- Pada lampiran kita memasukkan materi yang akan di pelajari oleh siswa. Materi ini bisa dibuat dengan beberapa cara :
- Drive : mengambil materi dari drive kita. Drive belaja.id diberi kapasitas 100Gb untuk menyimpan data.
- Youtube : mengambil materi dari video youtube
- Buat : bisa membuat materi sendiri. Disediakan beberapa platform yaitu Google Doc, Spreadsheet, Slide, Draw dan google Form
- Upload : mengambil materi dari laptop atau computer kita
- Link : mengambil materi dari web yang kita jadikan referensi siswa
Setelah semua materi dibuat, disebelah kanan browser ada 3 menu lagi.
- UNTUK
Disini kita bisa membagikan materi yang sedang kita buat kepada kelas lain. Sehingga dikelas tersebut kita tidak perlu lagi membuat materi ulang.
- TOPIK
Pada topik, pilih diminggu berapa kita masukkan materi ini. Dalam hal ini kita masukan pada minggu 15.
- POSTING
Ada 3 menu posting yaitu
Posting : Hasil yang kita buat akan langsung tampil ke siswa
Jadwalkan : Hasil yang dibuat akan tempil sesuai dengan jadwal yang akan kita tentukan
Simpan Draf : Menyimpan sebagai draft, karena suatu saat akan kita edit atau revisi lagi sebelum di berikan pada siswa.
Dalam hal ini kita pilih jadwalkan dan diisikan tanggal 30 Oktober 2023.
- Lakukan hal yang sama untuk memberikan materi minggu ke 16 dan postingannya dijadwalkan mulai tanggal 6 November 2023
PENUGASAN
- Dalam penugasan ini kita bisa memberikan tugas pada siswa seperti ringkasan yang ditulis pada kertas, lalu di photo-kan atau diberi link google doc sehingga siswa bisa mengetik di sendiri.
- Caranya adalah klik + Baru pilih Tugas
- Isikan Judul Tugas, Petunjuk (opsional). Pada lampiran Klik + Buat dan pilih Dokumen. Akan terbuka halaman baru Google Doc.
Buatlah pertanyaan dan sisakan untuk jawaban siswa, sehingga siswa bisa mengisi di tempat yang telah ditentukan. Jangan lupa buat Identitas siswa. Karena kalau siswa menggunakan akun gmail, namanya terkadang bukan nama sebenarnya yanag dibuat.
- Setelah selesai, google Doc nya bisa di tutup. Kembali kehalaman Tugas di Google Class Room.
- Pada lampiran tambahan sebuah dokumen tanpa judul (gpp!). Kalau ingin melihat perubahan silakan di refresh web browser nya. Tetapi harus masuk ulang lagi.
- Di samping dokumen tanpa judul di atas, ada menu drop down siswa dapat melihat file. Ada dua pilihan yaitu :
- Siswa dapat mengedit file : file tersebut dikerjakan bersama-sama oleh semua siswa
- Buat salinan untuk setiap siswa : setiap siswa punya file masing-masing untuk mengirim tugas
- Pilih yang ke dua yaitu Buat salinan untuk setiap siswa.
- Bagian kanan browser sama dengan pengisian materi yaitu bisa di jadwalkan, untuk kelas mana saja yang akan di berikan. Tetapi pada penugasan ini ada tambahannya yaitu Point dan tenggat (batas waktu akhir pengumpulan). Bisa ditutup batas akhir pengumpulan dengan memberi tanda centang pada Tutup pengumpulan tugas setelah batas waktu.
ULANGAN
- Untuk ulangan klik + Buat pilih Tugas Kuis
- Lengkapi data yang dibutuhkan seperti judul, Petunjuk. Disana ada google form, yang bisa diisi dengan soal-soal yang akan bapak ibu buat untuk ulangan. Namun kita juga bisa membuat atau mengambil soal dari google form yang sudah pernah kita buat, dengan cara mengklik lampiran, kemudian cari di google drive. Kita juga bisa membuat soal yang berbentuk word, excel, powerpoint atau yang lainnya, hanya saja nilai harus diisi secara manual.
Jangan lupa pada bagian kanan seperti point, untuk, tenggat dan lain-lainnya sesuaikan kebutuhan.
PENUGASAN JAWAB LANGSUNG (DISKUSI)
- Untuk membuat soal langsung seperti forum diskusi bisa dibuat di google class room. Bedanya dengan diskusi yang dilaksanakan di Forum adalah, pada penugasan ini ada disediakan penilaian untuk siswa oleh guru. Cara membuatnya adalah :
- Klik + Buat pilih Pertanyaan
- Tulis pertanyaan atau soal yang akan ditanyakan pada siswa pada petunjuk. Isikan lampiran kalau dibutuhkan. Pastikan bagian sebelah kanan sudah diisikan dengan benar. (aidiqichan)
Sangat membantu pak,untuk pembelajaran yang lebih bervariasi.. 👍 SMK Hebat