TUTORIAL CARA MEMBUAT SOAL DI GOOGLE FORM

Google form adalah salah satu fasilitas yang disediakan google untuk membuat kuis (soal) dan survei. Selain google form, banyak aplikasi yang digunakan untuk membuat kuis ini. Ada yang online ada juga yang online. Untuk yang online seperti Goole Form, Quizizz, Kahoot sedangkan untuk yang offlinenya seperti wondershare quiz creator, Edlink.

Untuk kali ini kita akan mencoba untuk membuat kuis (soal ulangan) untuk siswa dengan Google Form. Ikuti langkah-langkah berikut ini : 

  1. Buka google.com di browser (Chrome, Mozilla, Opera atau yang lainnya) Anda. Silahkan login ke google dengan akun masing-masing. Dianjurkan bagi guru untuk login dengan menggunakan akun belajar.id.
  1. Setelah itu masuk ke google form. Ada beberapa cara untuk masuk ke halaman google form tersebut
    1. Di address halaman browser langsung diketikkan form.google.com
  1. Pada titik sembilan sebelah kanan browser pilih gambar Formulir
  1. Pada titik sembilan sebelah kanan browser, pilih Drive
  1. Setelah halaman pertama google form, pilih tanda + (Kosong) untuk memulai membuat kuis kosong.
  1. Hal yang pertama dilakukan adalah memberi judul Form. Secara otomatis pada header akan tertulis langsung apa yang kita ketik pada judul tadi.
  1. Untuk memperindah tampilan kita bisa memilih tema yang terdapat pada sebelah kanan atas browser. Disana kita juga bisa memilih jenis font yang akan digunakan. 
  1. Setelah temanya di setting, sekarang kita setting kuisnya. Sebab apabila tidak disetting terlebih dahulu, form ini secara default akan berfungsi sebagai survei, bukan kuis. Caranya adalah dengan mengklik Setelah yang terdapat di samping kanan pertanyaan
  1. Adapun point-point yang harus di konfigurasi adalah
    1. Jadikan ini sebagai kuis, → Harus diaktifkan
    2. Rilis Nilai → Segera setelah setiap pengiriman
    3. Pertanyaan tak terjawab  → Non aktifkan
    4. Jawaban yang benar → Non aktifkan
    5. Nilai poin → Non aktifkan
    6. Nilai poin pertanyaan default → Isikan 1 (satu) point
    7. Kumpulkan alamat email, → Jangan dikumpulkan
    8. Mengirim salinan jawaban, → Non aktifkan
    9. Izinkan pengeditan respon, → Non aktifkan
    10. Batasi untuk pengguna di Kementrian… → Non Aktifkan (Ini bisa diaktifkan kalau semua siswa kita sudah menggunakan akun belajar.id)
    11. Batasi ke satu jawaban →  Harus diaktifkan
    12. Tampilkan status progres → Aktifkan
    13. Acak urutan pertanyaan – > Harus diaktifkan
    14. Konfirmasi Pesan (opsional) Boleh diisi, boleh tidak. Ini adalah pesan saat siswa selesai melaksanakan ulangan.
    15. Tampilkan link untuk menyerahkan jawaban lain → Non aktifkan
    16. Lihat ringkasan hasil → Non aktifkan
    17. Nonaktifkan simpan-otomatis untuk semua responden → Non aktifkan
    18. Kumpulkan alamat email secara default → Non aktifkan
    19. Buat pertanyaan wajib diisi secara default → Harus diaktifkan
  2. Kembali ke pertanyaan, dibawah judul Ulangan kita ada tulisan deskripsi formulir. Ini dapat diisi dengan kata-kata motivasi pada anak seperti “Ini adalah ulangan tengah semester, Kerjakanlah secara mendiri !”
  1. Untuk memulai membuat soal, pertama dibuat adalah identitas siswa. Yaitu NAMA.

Patikan pilihan jenis soal sebelah kanan adalah jawaban singkat

Untuk kunci jawaban (karena tidak dinilai) jadikan 0 (nol) point. Caranya klik kunci jawaban dan rubah angka 1 menjadi 0, klik Selesai

  1. Untuk pertanyaan berikut klik + di samping kanan soal

Isikan kelas dari siswa tersebut. Supaya siswa tidak salah mengisi kelas, sebaiknya kita buatkan dengan pertanyaan pilihan Ganda. Tujuannya untuk memudahkan nanti kita memilah kelasnya. Sebagai contoh diatas kita buat untuk jurusan Otomotif dan TAV, maka kelas yang akan kita buat adalah XI TKR 1, XI TKR 2, XI TSM, XI TAB DAN XI TAV. Seperti gambar dibawah ini : 

Pastikan bahwa kunci jawabannya 0, karena ini belum termasuk soal ulangan

  1. Untuk mulai membuat soal, klik tambah bagian pada sebelah kanan.

Pada Bagian tanpa Judul bisa diisikan SOAL atau PERTANYAAN, sedangkah pada Deskripsi isikan instruksi untuk pengerjaan soal tersebut. 

  1. Untuk membuat Soal klik tanda tambah (+) untuk membuat soal. Ada beberapa soal yang bisa diisikan untuk membuat soal.

Google Form menyediakan 9 jenis pertanyaan yang bisa digunakan mulai dari bidang teks, gambar, hingga video. Kita hanya perlu mengklik opsi atau bidang yang kita butuhkan pada menu sidebar di sebelah kanan:

a. Short Answer

Short Answer sangat cocok digunakan untuk pertanyaan yang membutuhkan jawaban singkat seperti nama, alamat, email hingga nilai.

Fitur ini kalau dijadikan pertanyaan, sistem penilaiannya harus manual.

b. Paragraph

Jika kita membutuhkan catatan atau jawaban deskriptif yang panjang dan mendetail fitur ini cocok sekali. Sama seperti kolom “Short Answer,” fitur ini penilaiannya secara manual.

c. Multiple Choice

Kolom jawaban ini digunakan apabila kita ingin responden memilih salah satu jawaban yang sudah disediakan. Responden juga dapat melompat kebagian lain berdasarkan jawaban atau opsi yang dipilih.

d. Checkboxes

Mirip seperti kolom Multiple Choice, Checkboxes memungkinkan kita untuk mencantumkan jawaban untuk dipilih sebanyak mungkin oleh siswa.

e. Dropdown

Jika kita ingin membuat banyak pilihan dalam satu pertanyaan dan membutuhkan opsi menjawab lompat atau acak seperti Multiple Choice, kolom ini sangat cocok digunakan.

Dropdown juga berguna menjaga pertanyaan tetap terlihat ringkas saat ada banyak sekali pilihan jawaban yang sudah disediakan.

f. Linear Scale

Opsi skala linear digunakan untuk jawaban dalam rentang angka tertentu. Pada opsi ini kita dapat mengatur skala dari mulai 0 sampai 12.

Selain angka, penggunaan emoji untuk mengukur kepuasaan atau ekspresi tertentu juga dapat digunakan.

g. Multiple Choice Grid

Opsi ini berbentuk tabel linear di mana pada setiap baris responden diminta untuk memilih rentang jawaban yang telah tersedia. Multiple Choice Grid ini seperti perpaduan antara Multiple Choice dengan Linear Scale.

h. Date & Time

Date dapat digunakan apabila kita ingin menanyakan spesifik terkait tanggal atau waktu untuk menjadwalkan suatu acara atau aktivitas.

Sebagai catatan jangan lupa menyetel pengaturan tanggal dan waktu di akun Google kita sesuai dengan tempat dan waktu acara.

i. Upload File

Selain teks dan angka kita juga dapat menyisipkan file seperti gambar dan video pada formulir survei. Kita bisa menggunakan berkas yang tersimpan pada gadget pribadi atau mengambil gambar gratis melalui penelusuran Google dan Google Drive.

  1. Setelah semua soal dibuat, tugas berikutnya adalah mengambil link yang akan dibagikan ke siswa. Caranya adalah klik Kirim yang terdapat sebelah kanan atas browser.
  1. Akan keluar kotak dialog seperti dibawah ini : 
  1. Klik lambang link 
  1. Akan keluar kotak dialog
  1. Beri tanda centang pada Persingkat URL. Seleksi tulisan pada Tautan atau klik Salin. Link tersebut yang diberikan pada Siswa. Atau untuk melaksanakan ulangan sekolah kirimkan link tersebut ke Waka bid. Kurikulum
  2. Terakhir untuk melihat hasil yang telah dikerjakan siswa, pada samping pertanyaan, klik jawaban.
  1. Untuk melihat hasil jawaban dan nilai siswa, klik Link ke Spreadsheet, seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Suber : https://aidiqichan.web.id/2023/09/07/tutorial-cara-membuat-soal-di-google-form/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *