Pendampingan Implementasi Pembelajaran (PIP) di SMK-PP Neg. Padang Mengatas

Padang Mengatas, 24 November 2023 – Suasana antusias dan semangat pembelajaran terasa di SMK-PP Neg. Padang Mengatas pada acara Pendampingan Implementasi Pembelajaran (PIP) yang diadakan hari ini. Acara ini dihadiri oleh tiga sekolah, yaitu tuan rumah SMK-PP Neg. Padang Mengatas, SMK Negeri 1 Guguk, dan SMK Negeri 3 Payakumbuh, dengan masing-masing mengirimkan tujuh orang guru sebagai tim Komjar (Komite Pembelajaran) yang ditunjuk oleh sekolah masing-masing.

Guru tim komjar berkumpul di ruang pertemuan acara untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah terkait. 

Nara sumber yang diundang untuk memberikan wawasan dalam acara ini berasal dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPVMPV) BBL Medan, yaitu Ibu Juni Panca Sari dan Ibu Emmi. Kedua narasumber tersebut membawakan materi yang sangat relevan dengan kebutuhan pembelajaran di era modern, yakni tentang Asesmen.

Ibu Juni Panca Sari dan Ibu Emmi memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya asesmen dalam mengevaluasi dan mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Materi ini dianggap krusial dalam mendukung implementasi Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka yang tengah dijalankan oleh sekolah-sekolah peserta.

“Saat kita mampu melakukan asesmen dengan baik, kita dapat lebih memahami kebutuhan dan kemampuan siswa. Ini menjadi langkah awal untuk menciptakan pembelajaran yang sesuai dan mendukung perkembangan kompetensi mereka,” ungkap Ibu Juni Panca Sari.

Acara PIP ini bukan hanya menjadi forum bagi guru-guru untuk saling bertukar pengalaman, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun sinergi antara sekolah-sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Kolaborasi antara SMK-PP Neg. Padang Mengatas, SMK Negeri 1 Guguk, dan SMK Negeri 3 Payakumbuh diharapkan dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap peningkatan mutu pendidikan di tingkat vokasi.

Dengan semangat kolaboratif yang tinggi, para guru yang hadir berkomitmen untuk menerapkan hasil pembelajaran dari acara ini di sekolah masing-masing. Diharapkan, keberlanjutan PIP ini akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan standar pembelajaran di wilayah tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *